Kamis, 11 September 2008

Cerita Pendek: Karya Siswa SMk Brawijaya Mojokerto


Ada apa dengan hari Senin dan Selasa??
Oleh: Alfin, Kelas I TPm 2

Hari Senin ini Aifin tidak masuk sekolah, dan tidak ada pemberitahuan dari rumah, kata teman-temannya ketika ditanya oleh bu Eiya.
Mereka selalu menjawab: “ Kalau setiap hari Senin dan Selasa Aifin selalu absen”. Sedangkan di hari yang lain Aifin sangat aktif!
“ Tolong anak-anak ya,kalau Aifin masuk suruh menghadap ke saya!” kata Bu Eiya.
Hari ini, hari Rabu, Aifin mulai masuk dan salah satu temannya. Lisa memberitahukan kepada Aifin kalau Aifin dipanggil Bu Eiya.
Dalam hatinya Aifin bertanya-tanya dan perasaan takut mendengar dirinya dipanggil Bu Eiya. Setelah itu Aifin langsung mneuju ke ruang guru, menghadap Bu Eiya.
“Assalamu’alaikum…”
“Waalaikum salam….. Ada apa Fin?”
“Tidak, pak. Katanya saya dipanggil Bu Eiya…”
“ Masuk, Fin…..” terdengar suara Bu Eiya yang habis keluar dari toilet.
“ Ada apa bu, kok saya dipanggil ?”
“ Kenapa setiap hari Senin dan Selasa kamu tidak pernah masuk?” tanya bu Eiya.
“Saya hari Senin dan Selasa tidak pernah masuk karena saya tidak punya celana untk saya pakai. Sementara celana saya bagian pantatnya sobek besar dan tidak mungkin lagi dijahit karena tidak bisa dipakai lagi dan sedangkan untuk membeli yang baru saja, saya tidak mampu. Ibu kan tahu keluarga saya miskin dan sekolah yang menanggung biayakan bu Eiya…”
“Kamu itu Fin…kalau ada apa-apa bilang ke ibu, mungkin saja ibu bisa membantu, ya sudah masuk ke kelas sana!”
Dengan penuh rasa gelisah, Aifin langsung menuju ke kelas dan meng-ikuti pelajaran seperti biasanya.
Pada esok harinya saat pelajaran sudah dimulai, kata teman Aifin. Aifin dipanggil bu Eiya. Setelah mendengar itu Aifin menuju ke ruang guru.
“ Assalamu’alaikum…”
“Walaikum salam…”
“Ada apa bu…?” kata Aifin dengan nada takut.
“Tolong kamu buka bungkusan di sebelahmu itu…!” perintah bu Eiya.
“Apa ini, bu?”
“Jangan banyak Tanya. Cepat kamu buka!” perintah bu Eiya keras.
Aifin menjadi takut ketika dibentak bu Eiya.
Saat dibuka, yang terlihat adalah sebuah celana baru yang biasa dipakai pada hari Senin dan Selasa.
“ Ini untuk saya, Bu?” dengan hati gembira Aifin bertanya.
“Iya…” kata bu Eiya sambil tersenyum.
Oh…. Aifin merasa terharu karena terlarut dalam kebaikannya bu Eiya.
“Terima kasih, bu. Terima kasih banyak, akan saya pakai celana ini dan akan saya jaga baik-baik agar tidak sobek lagi…”
“ Sama-sama tapi kamu harus lebih giat lagi belajar, supaya kamu pintar. Kalau kamu enak kan kamu yang senang…!”

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Blog yang bagus, ayo kita berjuang terus untuk pendidian Indonesia dengan memamerkankarya-karya inovatif produk belajar siswa

Artikel Terbaru